Usaha ini hanya perlu satu tahun untuk bisa beli mobil baru

usaha servis hp masih dipandang sebelah mata, hehehe dia belum tau rupanya yuk di kepoin aja biar gak melotot mumpung ada promo biaya kursus nih promo awal tahun 2023

Seluk beluk usaha service Handphone


Mana yang harus lebih dulu dimulai  :
Tempat



                 Tempat merupakan hal yang sangat penting dalam usaha, tanpa tempat tidak mungkin  usaha bisa berdiri. Untuk itu banyak alternative tempat yang bisa kita pilih diantara nya

sewa
dengan sewa kita dapat meyesuaikan kondisi keuangan kita sehingga dapat mewujutkan impian kita untuk punya usaha service handphone Jika sewa dengan dana yang cukup lokasi menjadi pertimbangan yang paling diperhitungkan karena ini akan menjadi nasib usaha anda kelak,... jangan gegabah benar2 perhatikan posisi, arus deras atau lambat, jumlah masyarakat sekitar kita, aktifiktas linggkungan sekitar ( rmah sakit, kampus, cafe, tempat tongkrongan, dll ) mudah terlihat dari jarak jauh saat berkendara. dst

Fungsikan Rumah/kontrakan
Rumah  atau kontrakan bisa difungsikan untuk memulai usaha service handphone, karena untuk memulai usaha ini cukup dengan ruangan 2 M  x 2M ( hanya dengan meja 1 dan kursi ) semua peralatan sudah memadai,… simple kan??

Gambar.



Lokasi
Bicara lokasi adalah hal cukup menentukan keberlangsungan usaha anda,. Karena lokasi yang bagus menjadikan usaha lebih cepat berkembang. Yang perlu diperhatihan untuk usaha service handphone ini adalah tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dan tidak perlu harus mendatangi secara khusus bisa sambil berangkat kerja, atau pulang kerja atau bahkan sambil nongkrongpun bisa.

Misalkan
Area Permukaan komplek, jalur utama
Lokasi ini sangat strategis,.mengapa karena semua masyarakat komplek hilir mudiknya pasti melewati jalur ini. apalagi jika di permukaan komplek tersebut terdapat tempat kuliner dan menjadi area tongkrongan malam dengan kuliner dan berbagai kegiatan usaha, pasar malam misalnya, posisi ini bisa juga dimanfaatkan untuk menjaring pelanggan. di pagi hari sebelum jam 6 sudah buka karena ada beberapa pelanggan tidak sempat service karena berangkat pagi dan pulang larut malam…

Mall ( Pusat keramaian )
             Lokasi ini memang sangat bagus ditambah di mal tersebut mempunyai toko sparepart sehingga memudahkan kita dalam memperbaiki ponsel tanpa harus bersusah payah membali sprarepart dengan waktu yang lama. Akan tetapi sewa tempat di mall ini kadang membuat kita balik kanan karena harganya memang cukup pantastis… disini pula akan banyak persaingan yang ketat bisanya usaha service dimall ini tidak hanya 1 bisa berdempetan dalam 1 area,.. jadi siap2 pasang harga yang bersaing dan pelayanan yang maximal… jika tidak pelanggan kabur dan tidak kembali lagi alias kapok….
          Tapi memang pelanggan kita buka hanya dari User saja ( Pengguna ) akan tetapi dari konter lain dan bahkan dari penjual Ponsel yang tidak memiliki Teknisi. karena bisa saja ponsel yang mereka jual mengalami kerusakan sehingga kita sebagai teknisi mendapat job,…

Ada beberpa hal yang sering terjadi di mall biasanya toko penjual ponsel akan menggaransikan ponselnya kepada service center yang professional dengan tujuan setiap ponsel yang terjual jika mengalami kerusakan maka user tersebt bisa langsung ke service centre yang memegang garansi pada took tersebut dan hal ini sama2 menguntungkan,.. garansi tersebut dengan ketentuan yang telah disepakati  semua pihak pembeli, penjual dan yang menggaransi ponsel tersebut.
Minat??.....



Persiapan Alat service Hardware
  1. Solder uap    
  2. Solder manual
  3. Power supply
  4. Multitester
  5. Obeng set
  6. Plat bga
  7. Pinset
  8. Penjepit pcb
  9. Lampu service
  10. Dudukan solder
  11. Pisau IC 
Alat service software
  1.          pc atau laptop
  2.         box software atau dounggle
  3.          koneksi internet
  4.          data OS semua ponsel
  5.          Data skema semua ponsel
  6.          Kabel USB berbagai type
  7.          Program service berbagai type ponsel baik gratis atau pun berbayar
Property pendukung

  1.                  Box sparepart
  2.                  Etalase
  3.                  Meja
  4.                  Kursi
  5.                  Spanduk Banner
  6.                  Kipas
  7.                  Penerangan
Tenaga SDM
  1.   .       teknisi 1
  2.           Custumer Service 
  3.           kurir ( Pembelian dan pengambilan Barang sparepart dll )
jadi didalam 1 usaha service handphone sebaiknya ada 3 orang yang bekerja pada lini masing-masing kadang yang merepatkan adalah seorang teknisi harus merangkap menjadi FO dan kurir dalam hal ini akan membuat waktu banyak terbuang sehingga incame tidak sesuai dengan hasil dalam 1 harinya misalkan seorang teknisi seharus nya dapat meyelesaikan 3 hp dalam sehari akan tetapi dia harus belanja sparepaert dll sehingga harus menunda pekerjaan nya lantaran belanja terlebih dahulu yang membutuhkan waktu berjam2 bahkan seharian penuh,… disini kita lihat usaha ini tidak akan baik perkembangannya,.. jadi sebaiknya minimal 2 orang…jadi teknisi tidak digangu oleh hal2 lainnya.

Jaringan Sparepart
Sparepart juga menentukan peranan dalam suksesnya service karena tanpa sparepart maka service kita akan tidak terselesaikan otomatis kita tidak dibayar olrnh pelanggan kita,… untuk itu kita wajib menjalin hubungan kerja dengan took sparepart terdekat atau diluar sana dengan komunikasi online pemesanan online…
Sebaiknya kita mempunyai lis harga sparepart yang apdate untuk memperkirakan daftar harga service yang sesuai jangan sampai terlalu murah ahirnya tekor dan terlalu mahal pelanggan lariiii…..

Konsep pelayanan ( QMS )
Dalam membuat usaha yang baik seharusnya kita sudah membuat QMS Quality System Management mengapa?... denga QMS kit bisa membuat SOP dan struktur kerja sehingga kinerja dan tanggung jawab serta alur dan proses usaha mudah terkontrol. Dengn terkontrolnya incame dan pengeluarkan serta faktor2 penentu lainya kita akan lebih mudah mengevaluasi permasalahan yang ada sehinnga memudahkan usaha berkembang dengan lebh cepat.
Misalnya QMS untuk teknisi
Teknisi tidk diperbolehkan menerima pembayaran dari user
Teknisi tidk diperbolehkan bernegosiasi dengan user
Teknisi hanya mengerjaan kaerusakan yang sudah di FO saja. Dll
Sehingga alur proses baik teknis dan non teknsi tertuang dalam QMS mulai dari teknis Barang masuk sampai teknis alur keuangan dll.

Pengelolaan Keuangan
Proses keuangandan pengelolalan service handphone sebaiknya dibagi menjadi bebrapa bagian diantaranya
  1.        Modal  ( modal pembelian sparepart )
  2.        Transport dan oprasional harian
  3.        Tagihan wajib ( hutang, listrik, gaji karyawan dll )
  4.        Perwatan peralatan
  5.        Tabungan wajib
          Harga service paling murah adalah 50.0000 ( jasa ) dan rata2 jumlah hp masuk dalam 1 hari jika lokasi bagus bisa lebih dari 5 perhari dengan type yang bermacam2 pula
Maka jika kita ambil yang paling murah keuntungan dan jasanya 50.000 saja

Maka 50.000 x 5 unit = 250.000/perhari x 30 hari = 7.500.000 ( Pendapatan standar )
Menetukan harga service
Sparepart x 2 + jasa

Dari hasil survey yang kami lakukan pada alumni kami rata2 pendapatan adalah :

  • Pulsa      : keuntungan per transaksi Rp 1000 Rupiah jika per hari paling minimal 50 transaksi             maka keuntungan 1000 x 50 = 50.000 net
  • Baterai berbagai type Ponsel ( lengkap ) = keuntungan rata2 per unit 10.000 sampai 30.000 jika kita ambil 10.000 saja  x 2 pcs perhari = 10.000 x 2 = 20.000 ( paling Min )
  •  Carger ( cas hp ) berbagai type lengkap = dapat terjual perhari 3 unit X 10.000 - 30.000 marginnya  30.000 perhari ( minimal )
  • Service ponsel : rata2 jasa yang paling murah adalah 50.000-200.000 jika kita ambil standar 50.000     3 unit ponsel perhari ( minimal ) = 150.000 net
  • semua perhitungan diatas diambil minimal pendapatan dari rata2 survey alumni pelatihan kami  mari kita hitung berapa Gaji minimal anda dalam satu bulan di sini dihitung 30 hari  :

perhari  = 50.000 pulsa + 20.000 baterai + 30.000 carger + 150.000 service = Rp 270.000

270.000 x 30 hari = Rp 8.100.000 ( gaji paling rendah anda dalam 1 bulan )

jika anda pintar dalam mengatur keuangan hanya 1 tahun anda bisa beli Mobil baru

2 tahun anda bisa beli rumah....
silahkan buktikan..


waktu anda flexible, dan yang paling penting adalah anda menjadi BOS Untuk anda sendiri dan gelar anda adalah Seorang pengusaha Enterpreneur. bukan seorang pegawai yang takut kena PHK dan kerja dengan target.

Diusaha ini pun anda harus sangat memahami Tingkat resiko, karena tanpa mengetahui karakter usaha dan mangement resiko maka justru kerugian yang didapat,  jadi harus jeli dan mempunyai mentor atau pembimbing( Tutor ) tempat anda konsultasi dan shering....... 

Tingkat kerusakan dan tingkat resiko pengerjaan
Misalnya tingkat kerusakan yang terlihat secara Visual seperti lcd pecah, plugin konektor patah, baterai kembung, ts pecah,
Tulang atau cessing pecah ( kerusakan yang nyata dan terlihat langsung ) dengan harga Sparepart x 2 + jasa,. Jasa disesuaikan dengan tingkat kesulitan misalnya mengganti LCD atau TS yang bisa menmbulkan pecahnya atau rusaknya komponen lain sebaikan jasa di samakan  menjadi 1 x harga sparepart.

Untuk Janis kerusakan yang belum terukur sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konfirmasi harga jika sudah ditemukan,… dengan perhitungan ambil kemungkinan tersulit ( harga ic jika ada kemungkinan ganti ic ) dan perlu diketahui membeli ic belum tentu ic tersebut dipasang langsung bisa bahkan ada istilah 5 banding 1 inilah yangmembuat teknisi harus berpikir cerdas dan mangmbil sikap jika terdapat kasus seperti ini,… karena bisa menjadi masalah dikemmudian hari,… hp tidak selesai uang sudah masuk.. user tidak mau bayar ( karena hp belum selesai )

jika ini sering terjadi bisa bangkrut dan mental usaha kita bisa Drop… ini yang paling berbahaya…. Karena bisa menimbulkan efek malas buka konter ahir nya pelanggan hilang dan usaha hancur… gara2 mental kerupuk alias tidak kuat menghadapi tantangan. Mengapa kerupuk?... karena kerupuk kena air sedikit saja langsung leleh.

Ciri orang yang sukses adalah Ulet pantang menyerah, coba terus dan terus mencoba. dan mempunyai tempat shering atau Mentor dalam bidang yang di geluti.akan menjadikan proses lebih cepat menggapai kesuksesan secara financial, apa itu bebas financial...? baca buku Robert t Kyosaki ya... 

Rencana Pengembangan Usaha
Setelah satu usaha anda lancer dan ketemu pola yang baik dan menurut anda bisa mengcopy paste pola sebelumnya silahkan membuka cabang dengan mencopy paste pola yang sudah anda jalankan semakin banyak cabang maka semakin banyak incame anda
Bayangkan jia 1 unit usaha mengahasilkan misalnya
Usaha A incame 100%
70% untuk pengelola
30% bersih untuk anda
Jika 100% itu adalah 10 juta perbulan
Maka 3 juta bersih untuk anda dan anda hanya mengontrol dan memastikan usaha berjalan sesuai system yang telah anda buat…
Coba anda kalikan jika anda mempunyai  5 unit usaha
Maka ….
3.000.000 x 5 unit = 15 juta bersih/ bulan
Berarti setiap bulan ada bisa buka cabang…..atau anda merasa itu sudh cukup dan ingin menikmati hidup,… dengan gaji 15 juta perbulan….????


Anda yang menentukan…..

untuk info dan konsultasi lanjut di Whatsapp  0812-8076-1001

MARI MEMBANGUN USAHA SEDINI MUNGKIN SEBELUM TERLAMBAT.....
Pusat Kursus teknisi Handphone di Kota Bekasi Timur

Kami siap menjalin kerjasama untuk melatih diluar kota dimanapun
baik kerjasama secara per Orangan atau melalui instansi resmi pemerintah, organisasi masyarakat.

Support By :
LPK Global Tehnika Utama
Asosiasi Teknisi Teknisi Telephone seluler Indonesia
PT. Telkom Indonesia
LSP Tele-Komunikasi
Asesor Kompetensi

Informasi detile biaya kursus, Materi, Pasilitas chating langsing klik disini
tanya tanya aja dulu,. dari pada malu malu kicing ehh malah nyesel gak tau info..
tinggalkan jejak dulu klik gambar watsapp dibawah ini